RPP Perbandingan Berbalik Nilai Kurikulum 2013
Berikut akan saya share RPP Perbandingan Berbalik Nilai Kelas VII SMP Kurikulum 2013.
Dimana RPP ini sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 yaitu dengan menggunakan Pendekatan Scientefic.
RPP ini lebih menekankan pada pemberian masalah yang harus dipecahkan oleh siswa.
Dalam penyelesaian masalah-masalah tersebut, siswa digiring untuk dapat menentukan Konsep Perbandingan Berbalik Nilai.
Semoga RPP ini dapat bermanfaat bagi guru yang kesulitan dalam membuat RPP Kurikulum 2013
Dimana RPP ini sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 yaitu dengan menggunakan Pendekatan Scientefic.
RPP ini lebih menekankan pada pemberian masalah yang harus dipecahkan oleh siswa.
Dalam penyelesaian masalah-masalah tersebut, siswa digiring untuk dapat menentukan Konsep Perbandingan Berbalik Nilai.
Semoga RPP ini dapat bermanfaat bagi guru yang kesulitan dalam membuat RPP Kurikulum 2013
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
Satuan Pendidikan : SMP KEMALA BHAYANGKARI
Kelas/ Semester : VII/ 1
Mata Pelajaran :
Matematika
Materi Pokok : Perbandingan
Sub Materi Pokok : Perbandingan Berbalik Nilai
Alokasi Waktu : 2 x 40 menit ( 1 pertemuan)
A.
KOMPETENSI INTI :
3. Memahami pengetahuan (faktual,
konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu
pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
B.
KOMPETENSI DASAR :
3.4 Memahami konsep perbandingan
dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran
atau lebih
C.
INDIKATOR
Kognitif:
1.
Memahami konsep perbandingan berbalik nilai.
2.
Menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai untuk menyelesaikan masalah nyata
Afektif :
11. Siswa dapat memerhatikan penjelasan Guru atau menyimak
informasi yang disampaikan dengan sungguh-sungguh.
22. Siswa dapat menanggapi pernyataan atau menjawaab
pertanyaan tertentu yang diajukan oleh guru atau temannya dengan bahasa yang
santun.
33. Siswa dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan
kelompok dan membantu teman dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru
dengan rasa ikhlas.
44. Siswa dapat bekerjasama dengan teman kelompoknya untuk
menyelesaikan tugas belajar yang diberikan oleh guru dalam megamati sebuah
permasalahan perbandingan berbalik nilai.
D.
TUJUAN PEMBELAJARAN :
Kognitif :
Melalui pengamatan, tanya
jawab, penugasan, diskusi kelompok,
siswa dapat: mengembangkan rasa ingin tahu dalam:
1.
Memahami konsep perbandingan berbalik nilai.
2.
Menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai untuk menyelesaikan masalah nyata.
Afektif :
11. Tanpa berbicara sendiri, siswa dapat memerhatikan
penjelasan Guru atau menyimak informasi yang disampaikan dengan
sungguh-sungguh.
22. Tanpa bantuan orang lain, siswa dapat menanggapi
pernyataan atau menjawaab pertanyaan tertentu yang diajukan oleh guru atau
temannya dengan bahasa yang santun.
33. Dengan penuh tanggung jawab, siswa dapat bertanggung
jawab terhadap diri sendiri dan kelompok dan membantu teman dalam menyelesaikan
tugas yang diberikan oleh guru dengan rasa ikhlas.
45. Tanpa bantuan guru, siswa dapat bekerjasama dengan teman
kelompoknya untuk menyelesaikan tugas belajar yang diberikan oleh guru dalam megamati
sebuah permasalahan perbandingan berbalik nilai.
E. MODEL DAN METODE
PEMBELAJARAN :
1. Model Pembelajaran :
Kooperatif
2. Pendekatan :
Scientefic
3. Metode : Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F.
MATERI PEMBELAJARAN :
Perbandingan
Berbalik Nilai
G.
LANGKAH-LANGKAH
PEMBELAJARAN :
Pertemuan ke-1
1.
KEGIATAN AWAL ( 10 MENIT )
Fase 1 :
v Memotivasi siswa :
1.
Guru
memberikan motivasi kepada siswa dengan mengucapkan salam dan bertanya kabar
siswa.
2.
Guru menjelaskan kepada siswa, bahwa pada pertemuan ini
kita akan mempelajari materi perbandingan berbalik nilai.
v Menyampaikan tujuan : Guru menyampaikan
tujuan pembelajaran yang akan dicapai hari ini yaitu siswa dapat memahami konsep mengenai
perbandingan berbalik nilai dan dapat menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai untuk menyelesaikan masalah nyata
v Apersepsi : Guru memberikan apersepsi
kepada siswa bahwa materi yang dipelajari ini sangat bermanfaat pada penggunaan dalam kehidupan sehari-hari
misalnya untuk menentukan berapa banyak domba, jika rumput didalam kebun habis
dalam waktu 6 hari, sedangkan jika ada 15 domba maka rumput dapat habis dalam
waktu 8 hari.
v Guru mengingatkan kembali kepada siswa tentang perbandingan senilai yaitu dengan menanyakan
kepada siswa tentang perbandingan senilai dimana perbandingan senilai adalah
perbandingan yang mempunyai nilai yang sama.
2.
KEGIATAN
INTI ( 50
MENIT )
Fase 2 :
v Guru menyajikan informasi tentang masalah yang berkaitan dengan perbandingan
berbalik nilai.
·
Guru memberikan 3 masalah yang
berkaitan dengan perbadingan berbalik nilai pada siswa yaitu dengan menampilkan
masalah tersebut pada layar proyektor
·
Kemudian Guru menyuruh siswa untuk mendiskusikan
permasalahan ini untuk dapat diselesaikan dengan kelompok masing-masing, yang
terlebih dahulu pembentukan kelompok ditentukan oleh guru.
Fase 3 :
v
Guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok
belajar yaitu
·
Guru
membagi siswa kedalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang
secara heterogen yaitu dengan melihat tingkat kemampuan siswa maupun latar
belakang budaya mereka.
·
Guru
membagikan LKS, masing-masing satu LKS pada tiap-tiap kelompok.
·
Guru
memberitau siswa, bahwa lama waktu mereka berdiskusi adalah 30 menit
·
Guru
menjelaskan kepada siswa, bahwa sekarang tugas siswa adalah mendiskusikan
permasalahan yang sudah diberikan guru tadi untuk dapat diselesaikan dengan
kelompok masing-masing.
·
Guru
juga menjelaskan kepada siswa bahwa hasil diskusinya dengan kelompok harus
dipresentasikan di depan kelas.
·
Guru
memberitau siswa bahwa lama waktu mereka untuk presentasi adalah 20 menit.
Fase 4 :
v Guru membimbing
kelompok bekerja dan belajar.,
·
Pada saat
siswa bekerjasama dengan kelompoknya, guru membimbing siswa yang merasa kesulitan
dalam menyelesaikan tugasnya dengan bertanya kepada siswa, “Anak-anak adakah
kata-kata pada LKS yang tidak kalian pahami? Kalau tidak ada, silahkan
diselesaikan dan diskusikan dengan teman kelompok kalian”.
·
Guru
mengarahkan siswa untuk bisa saling bekerjasama dengan teman kelompoknya.
·
Setelah siswa
bekerjasama dengan kelompok mereka, guru menyuruh siswa untuk mempresentasikan
hasil dari diskusinya di depan kelas.
·
Setiap
kelompok akan mempresentasikan hasil dari diskusi mereka dengan kelompoknya
sedangkan kelompok yang lain menanggapi
hasil dari presentasi kelompok lain.
·
Guru
mengingatkan siswa untuk dapat menggunakan bahasa yang santun.
3.
KEGIATAN
AKHIR ( 20 MENIT )
Fase 5 :
v Evaluasi
·
Guru mengevaluasi hasil belajar siswa dengan melihat
hasil yang sudah dipresentasikan siswa di depan kelas.
·
Guru memberikan penjelasan kepada siswa mengenai hasil
dari diskusi mereka yaitu tentang masalah (1, 2, dan 3) yang diberikan tadi. Bahwa dari masalah yang
sudah diberikan tadi, dapat disimpulkan : Perbandingan berbalik nilai itu
berkaitan dengan membandingkan dua buah keadaan dimana jika besaran yang satu
bertambah maka besaran yang lain berkurang sebaliknya jika besaran yang satu
berkurang maka besaran yang lain bertambah dimana perbandingan berbalik nilai
adalah perbandingan yang mempunyai nilai saling berkebalikan.
·
Setelah guru memberikan sedikit waktu kepada siswanya
untuk berfikir, Guru menyuruh siswa untuk menuliskan tentang perbandingan berbalik
nilai pada buku mereka masing-masing.
Fase 6 :
v Memberikan Penghargaan
·
Untuk memantapkan hasil pemahaman siswa terhadap diskusi
mereka dengan kelompoknya tentang perbandingan berbalik nilai, guru memberikan kuis
mengenai perbandingan berbalik nilai pada siswa untuk dikerjakan secara
individu.
·
Hasil dari kuis setiap individu digunakan untuk
menentukan nilai kelompok mereka masing-masing.
·
Dari hasil perolehan kelompok, guru dapat menentukan
kelompok mana yang mendapatkan perolehan nilai terbanyak.
·
Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang mendapatkan
hasil perolehan terbanyak yaitu dengan memberikan reward berupa pemberian pin
bintang kelas.
v Penutup
·
Sebelum pelajaran berakhir, guru memberikan PR pada siswa
·
Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
H. SUMBER BELAJAR :
1.
Matematika untuk SMP kelas VII oleh Sugijono,dkk. Penerbit :
Erlangga
2.
Matematika BSE SMP kelas VII
3.
LKS Matematika.
I.
ALAT
1.
LCD
2.
Proyektor
J.
PENILAIAN
No
|
Aspek yang dinilai
|
Teknik Penilaian
|
1.
|
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
|
Observasi
Observasi
|
2.
|
Pengetahuan
|
Tes tertulis
|
·
Lembar Pengamatan Spiritual (Terlampir)
·
Lembar Pengamatan Sikap/ Afektif (Terlampir)
Surabaya, 29 Oktober 2014
Guru Pamong Guru
PPL
(......................................................) (DENOK JULIANINGSIH)
LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF
Mata Pelajaran : Matematika
Kelas/Semester : VII/1
Tahun Pelajaran : 2013/2014
Waktu
Pengamatan : Rabu, 29
Oktober 2014 jam ke 3-4
Kompetensi Dasar : 3.4
Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua
besaran atau lebih
Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah
rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1.
Kurang jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya dan acuh tak acuh (tidak mau tahu) selama proses pembelajaran
2.
Kurang baik jika tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha untuk mencoba atau bertanya dalam
proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan adanya usaha untuk mencoba atau bertanya dalam
proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap TANGGUNG JAWAB (dalam kelompok)
1.
Kurang jika sama sekali tidak menunjukkan untuk ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
2.
Kurang baik jika menunjukkan sedikit ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
3.
Baik jika menunjukkan sudah ada usaha ambil bagian dalam melaksanakan
tugas-tugas kelompok tetapi belum
ajeg/konsisten
4.
Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian dalam menyelesaikan tugas kelompok secara terus menerus dan ajeg/ konsisten
Rubrik Penilaian :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = kurang baik
1 = kurang
TABEL PENGAMATAN AFEKTIF
Berikanlah skor pada
kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
|
Nama
|
Rasa ingin tahu
|
Tanggun gjawab
|
Skor
|
||||||
SB
|
B
|
KB
|
K
|
SB
|
B
|
KB
|
K
|
|||
1
|
||||||||||
2
|
||||||||||
3
|
||||||||||
4
|
||||||||||
5
|
Penilaian
Sikap Spiritual
Aspek
yang dinilai
1)
Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2)
Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3)
Memberi
salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4) Mengungkapakan
kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran
Tuhan
5)
Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari matematika
No
|
Nama
Siswa
|
Aspek yang dinilai
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|||||
|
|
|
|
|
|||||
Rubrik:
4
= selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3
= sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak
melakukan
2
= kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1
= tidak pernah, apabila tidak pernah melakukanh
Penilaian
Pengetahuan (PR SISWA)
1) Instrumen
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Instrument/soal
|
Kunci Jawaban
|
Skor
|
|
Menjelaskan konsep perbandingan
berbalik nilai
|
1.
Buatlah
sebuah contoh mengenai perbandingan berbalik nilai yang ada dalam kehidupan sehari-hari
kamu!
2.
Jelaskan dengan bahasa kamu sendiri, mengenai
perbandingan berbalik nilai
|
Disesuaikan
jawaban siswa
Disesuaikan
jawaban siswa
|
25
25
|
|
Menyelesaikan soal
perbandingan berbalik nilai
|
3.
Untuk menempuh jarak dari kota A ke kota B dengan
mengendarai mobil diperlukan waktu 5 jam dengan kecepatan rata-rata 72
km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak itu, jika
kecepatan rata-ratanya 80 km/jam?
|
Waktu Kecepatan
5 jam 72 km/ jam
t jam 80 km/ jam
5 x 72 = t x 80
360 = 80t
t = 360 : 80
t = 4,5 jam
jadi waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak kedua kota tersebut
dengan kecepata rata-rata 80 km/ jam adalah 4,5 jam.
|
|
|
4.
Sekaleng permen dibagikan kepada 24 anak, masing-masing
mendapat 8 permen. Jika permen itu dibagikan kepada 16 anak, berapa banyak
permen yang didapat masing-masing anak?
|
Banyak anak Banyak Permen
24 8
16 k
24 x 8 = 16 x k
192 = 16k
k = 192 : 16
k = 12
jadi masing-masing anak mendapat 12 permen
|
|
||
Mengidentifikasi
kesulitan belajar siswa
|
5.
Dari permasalahan perbandingan berbalik nilai, bagian
manakah yang menurut kamu sulit? Jelaskan!
|
Disesuaikan
jawaban siswa
|
-
|
2) Rubrik Penilaian dan Penskoran
No.
|
Kategori
|
Skor(Si)
|
1
|
Tidak
memberikan jawaban sama sekali
|
0
|
2
|
Memberikan jawaban yang
salah
|
2
|
3
|
Memberikan
jawaban benar dan banyak cacat
|
10
|
4
|
Memberikan
jawaban benar sedikit cacat
|
15
|
5
|
Memberikan jawaban
hamper sempurna
|
20
|
6
|
Memberikan jawaban
benar sempurna
|
25
|
KUNCI JAWABAN LKS
MASALAH SATU:
Pada sebuah kebun berukuran 3 x 3 terdapat domba-domba
yang sedang makan rumput. Jika
6 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 20
hari, 8 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 15 hari, 10 ekor domba
dapat menghabiskan rumput dalam waktu 12 hari, 12 ekor domba dapat menghabiskan
rumput dalam waktu 10 hari, 15 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu
8 hari. Maka ada berapa ekor domba, jika rumput habis dalam waktu 6 hari?
Petunjuk : Untuk
menyelesaikan permasalahan diatas, lihat tabel dibawah ini !
Banyak Ternak
|
Lama Waktu
|
Perbandingan Banyak Ternak
|
Perbandingan Lama Waktu
|
6 ekor
8 ekor
|
20 hari
|
=
=
|
=
=
|
15 hari
|
|||
10 ekor
12 ekor
|
12 hari
|
=
=
|
=
=
|
10 hari
|
|||
15 ekor
20 ekor
|
8 hari
|
=
=
|
=
=
|
6 hari
|
a.
Bagaimanakah nilai perbandingan
dan perbandingan
?
Berbeda dan saling berbalik nilai
b.
Bagaimanakah nilai perbandingan
dan perbandingan
?
Berbeda dan saling berbalik nilai
c.
Bagaimanakah nilai perbandingan
dan perbandingan
?
Berbeda dan saling berbalik nilai
Catatan :
Pasangan-pasangan perbandingan yang disebutkan diatas adalah pasangan Perbandingan Berbalik Nilai.
Jadi, menurut
kalian apa yang dimaksud dengan dua perbandingan berbalik nilai?
Perbandingan yang mempunyai nilai saling berkebalikan.
MASALAH DUA
a.
Buatlah minimal 3 contoh perbandingan yang berbalik nilai
dengan perbandingan
!
;
;
b.
Buatlah minimal 3 contoh perbandingan yang bukan berbalik
nilai dengan perbandingan
!
;
;
c.
Berikan beberapa contoh perbandingan yang tidak senilai
dengan
dan juga tidak
bernilai dengan
!
;
;
; dll
Jika perbandingan
berbanding nilai
dengan
maka dapat
disimpulkan
a x c = b x d
b x d = a x c
MASALAH TIGA
Sekaleng permen dibagikan kepada 24 anak, masing-masing
mendapat 8 permen. Jika permen itu dibagikan kepada 16 anak, berapa banyak
permen yang didapat masing-masing anak?
Penyelesaian :
Banyak
anak Banyak Permen
24 8
16 k
24 x 8 = 16 x k
192 =
16k
k =
192 : 16
k =
12
Jadi masing-masing anak mendapat 12 permen.
NAMA : ……………..............
No. Absen : ...............................
Sekolah : ...............................
|
Kompetensi
Dasar
3.4 Memahami konsep
perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan
hubungan dua besaran atau lebih
|
LKS
(LEMBAR KERJA SISWA)
|
MASALAH SATU:
Pada sebuah kebun berukuran 3 x 3 terdapat domba-domba
yang sedang makan rumput. Jika
6 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 20
hari, 8 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 15 hari, 10 ekor domba
dapat menghabiskan rumput dalam waktu 12 hari, 12 ekor domba dapat menghabiskan
rumput dalam waktu 10 hari, 15 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu
8 hari. Maka ada berapa ekor domba, jika rumput habis dalam waktu 6 hari?
Petunjuk : Untuk
menyelesaikan permasalahan diatas, lihat tabel dibawah ini !
Banyak Ternak
|
Lama Waktu
|
Perbandingan Banyak Ternak
|
Perbandingan Lama Waktu
|
6 ekor
8 ekor
|
20 hari
|
=
=
|
=
=
|
15 hari
|
|||
10 ekor
12 ekor
|
12 hari
|
=
=
|
=
=
|
10 hari
|
|||
15 ekor
.... ekor
|
8 hari
|
=
=
|
=
=
|
6 hari
|
d.
Bagaimanakah nilai perbandingan
dan perbandingan
?
..............................................................................................
e.
Bagaimanakah nilai perbandingan
dan perbandingan
?
..............................................................................................
f.
Bagaimanakah nilai perbandingan
dan perbandingan
?
..............................................................................................
Catatan : Pasangan-pasangan
perbandingan yang disebutkan diatas adalah pasangan Perbandingan Berbalik Nilai.
Jadi, menurut
kalian apa yang dimaksud dengan dua perbandingan berbalik nilai?
......................................................................................................................................................
MASALAH DUA
d.
Buatlah minimal 3 contoh perbandingan yang berbalik nilai
dengan perbandingan
!
.............................................................................................................................................
e.
Buatlah minimal 3 contoh perbandingan yang bukan berbalik
nilai dengan perbandingan
!
.............................................................................................................................................
f.
Berikan beberapa contoh perbandingan yang tidak senilai
dengan
dan juga tidak bernilai dengan
!
.............................................................................................................................................
Jika perbandingan
berbanding nilai
dengan
maka dapat
disimpulkan
a x c = ... x ....
b x d = ... x ...
MASALAH TIGA
Sekaleng permen dibagikan kepada 24 anak, masing-masing
mendapat 8 permen. Jika permen itu dibagikan kepada 16 anak, berapa banyak
permen yang didapat masing-masing anak?
PR SISWA
Kerjakan soal-soal dibawah ini
dengan tepat !
1.
Buatlah
sebuah contoh mengenai perbandingan berbalik nilai yang ada dalam kehidupan
sehari-hari kamu!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
2.
Jelaskan
dengan bahasa kamu sendiri, mengenai perbandingan berbalik nilai!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
3. Untuk
menempuh jarak dari kota A ke kota B dengan mengendarai mobil diperlukan waktu
5 jam dengan kecepatan rata-rata 72 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan
untuk menempuh jarak itu, jika kecepatan rata-ratanya 80 km/jam?
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
4. Sekaleng
permen dibagikan kepada 24 anak, masing-masing mendapat 8 permen. Jika permen
itu dibagikan kepada 16 anak, berapa banyak permen yang didapat masing-masing
anak?
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
5. Dari
permasalahan perbandingan berbalik nilai, bagian manakah yang menurut kamu
sulit? Jelaskan!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
Bagus
BalasHapusbagus sekali,bagaimana cara mendownloadnya? terima kasih sebelumnya.
BalasHapus