Format KKM Kelas VI


NO
<!--[if !vml]-->MATEMATIKA<!--[endif]-->KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
1.1
Menggunakan sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK





1.2
Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik





1.3
Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk penggunaan akar dan pangkat





2.1
Mengenal satuan debit






2.2
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit





3.1
Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua bangun datar sederhana





3.2
Menghitung luas lingkaran






3.3
Menghitung volume prisma segitiga dan tabung lingkaran





4.1
Mengumpulkan dan membaca data






4.2
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel





4.3
Menafsirkan sajian data






5.1
Menyederhanakan dan mengurutkan pecahan






5.2
Mengubah bentuk pecahan ke bentuk desimal










NO
KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
5.3
Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu





5.4
Melakukan operasi hitung yang melibatkan berbagai bentuk pecahan





5.5
Memecahkan masalah perbandingan dan skala






6.1
Membuat denah letak benda






6.2
Mengenal koordinat posisi sebuah benda






6.3
Menentukan posisi titik dalam sistem koordinat Kartesius






7.1
Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan lingkaran





7.2
Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data





7.3
Mengurutkan data termasuk menentukan nilai tertinggi dan terendah





7.4
Menafsirkan hasil pengolahan data








KKM MATEMATIKA : ........


NO
IPA<!--[endif]-->KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
1.1
Mendeskripsikan hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan (kelelawar, cicak, bebek)  dan lingkungan hidupnya





1.2
Mendeskripsikan  hubungan  antara ciri-ciri khusus yang dimiliki tumbuhan  (kaktus, tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya





2.1
Mendeskripsikan  perkembangan dan pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia





2.2
Mendeskripsikan  ciri-ciri  perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan





2.3
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan





2.4
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia





3.1
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan alam (ekosistem)





3.2
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan





3.3
Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan





4.1
Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati  kepunahan






NO
KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
4.2
Mendeskripsikan  pentingnya pelestarian jenis makhluk  hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan Alam dan kehidupan masyarakat





5.1
Membandingkan sifat kemampuan menghantarkan  panas dari berbagai benda





5.2
Menjelaskan alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan menghantarkan panas





6.1
Menjelaskan  faktor-faktor penyebab perubahan benda (pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan





6.2
Mengidentifikasi faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu (karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari





7.1
Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana energi pegas)





7.2
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan perubahan energi listrik





8.1
Mengidentifikasi kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam kehidupan sehari-hari





8.2
Membuat suatu karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah)







NO
KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
9.1
Mendeskripsikan  sistem tata surya dan posisi penyusun tata surya






9.2
Mendeskripsikan peristiwa rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan





9.3
Menjelaskan terjadinya gerhana bulan dan gerhana matahari





9.4
Menjelaskan  perhitungan kalender Masehi dan kalender Hijriah






KKM IPA :











NO
<!--[if !vml]-->PKN<!--[endif]-->KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
1.1
Mendeskripsikan nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara





1.2
Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara





1.3
Meneladani nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari





2.1
Menjelaskan proses Pemilu dan Pilkada






2.2
Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD 1945 hasil amandemen





2.3
Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan pusat dan daerah





3.1
Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara Asia Tenggara





3.2
Memberikan contoh peran Indonesia dalam lingkungan negara-negara di Asia Tenggara





4.1
Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang bebas dan aktif





4.2
Memberikan contoh peranan politik luar negeri Indonesia dalam percaturan internasional





KKM PKN     :

NO
<!--[if !vml]-->IPS<!--[endif]-->KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
1.1
Mendeskripsikan perkembangan  sistem administrasi wilayah Indonesia





1.2
Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial negara-negara tetangga





1.3
Mengidentifikasi  benua-benua





2.1
Mendeskripsikan gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga 





2.2
Mengenal cara-cara menghadapi bencana alam






3.1
Menjelaskan peranan Indonesia pada era global dan dampak positif serta negatifnya terhadap kehidupan bangsa Indonesia





3.2
Mengenal manfaat ekspor dan impor di Indonesia sebagai kegiatan ekonomi antar bangsa






KKM IPS              :




<!--[if !vml]-->BAHASA INDONESIA<!--[endif]--> 

NO
KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
1.1
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang dibacakan  





1.2
Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau amanat dari cerita anak yang dibacakan





2.1
Menyampaikan  pesan/informasi yang diperoleh dari berbagai media  dengan bahasa yang runtut, baik dan benar





2.2
Menanggapi (mengkritik/memuji)  sesuatu hal disertai alasan dengan menggunakan bahasa yang santun





3.1
Mendeskripsikan isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan   





3.2
Menanggapi informasi dari kolom/rubrik  khusus (majalah anak, koran, dll.)     





4.1
Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel pos, kartu pos,  daftar riwayat hidup, dll.) dengan benar





4.2
Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang didengar





4.3
Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan memperhatikan penggunaan ejaan






NO
KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
4.4
Mengubah puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi





5.1
Menyimpulkan  isi berita yang didengar dari televisi atau radio  





5.2
Menceritakan isi  drama pendek yang disampaikan secara lisan





6.1
Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan (acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan  lafal, intonasi, dan sikap  yang tepat





6.2
Melaporkan isi  buku  yang dibaca (judul, pengarang, jumlah halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut





6.3
Membacakan puisi  karya sendiri  dengan ekspresi yang tepat  





7.1
Menemukan makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif  





7.2
Mengidentifikasi berbagai unsur  (tokoh, sifat, latar, tema, jalan cerita, dan amanat) dari  teks drama anak  










NO
KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
8.1
Menyusun naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.)  dengan bahasa yang baik dan benar, serta  memperhatikan penggunaan ejaan





8.2
Menulis surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju






KKM BAHASA INDONESIA   :






















NO
<!--[if !vml]-->AGAMA ISLAM<!--[endif]-->KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
1.1
Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5






1.2
Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5





2.1
Menyebutkan nama-nama Hari Akhir






2.2
Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir






3.1
Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal






3.2
Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab






4.1
Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal





4.2
Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab





5.1
Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan






5.2
Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an








NO
KOMPETENSI DASAR
KOMPONEN
PERSEN
JUMLAH
KOMPLEKSITAS
INTEKSITAS
DAYA DUKUNG
6.1
Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13





6.2
Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13





7.1
Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar





7.2
Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar





8.1
Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin





8.2
Menceritakan perjuangan kaum Anshar





9.1
Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik





9.2
Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik





10.1
Menyebutkan macam-macam zakat





10.2
Menyebutkan ketentuan zakat fitrah







KKM AGAMA ISLAM      :





KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) PER MATAPELAJARAN
<!--[if !supportLists]-->1.  <!--[endif]-->Matematika              :
<!--[if !supportLists]-->2.  <!--[endif]-->Bahasa Indonesia     :
<!--[if !supportLists]-->3.  <!--[endif]-->IPA                            :
<!--[if !supportLists]-->4.  <!--[endif]-->IPS                            :
<!--[if !supportLists]-->5.  <!--[endif]-->PKN                          :
<!--[if !supportLists]-->6.  <!--[endif]-->Agama Islam            :                     
                                                                                                     Surabaya, 24 Juli 2011
Wali Kelas VI 


                                   DENOK JULIANINGSIH,S.Pd.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

RPP Perbandingan Berbalik Nilai Kurikulum 2013

Soal Olimpiade Matematika (IMO) Aljabar