RPP Perbandingan Berbalik Nilai Kurikulum 2013

Berikut akan saya share RPP Perbandingan Berbalik Nilai Kelas VII SMP Kurikulum 2013.
Dimana RPP ini sudah sesuai dengan Kurikulum 2013 yaitu dengan menggunakan Pendekatan Scientefic.
RPP ini lebih menekankan pada pemberian masalah yang harus dipecahkan oleh siswa.
Dalam penyelesaian masalah-masalah tersebut, siswa digiring untuk dapat menentukan Konsep Perbandingan Berbalik Nilai.
Semoga RPP ini dapat bermanfaat bagi guru yang kesulitan dalam membuat RPP Kurikulum 2013

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Satuan Pendidikan      : SMP KEMALA BHAYANGKARI
Kelas/ Semester           : VII/ 1
Mata Pelajaran            : Matematika
Materi Pokok              : Perbandingan
Sub Materi Pokok       : Perbandingan Berbalik Nilai
Alokasi Waktu            : 2 x 40  menit ( 1 pertemuan)

A.    KOMPETENSI INTI :
3. Memahami pengetahuan (faktual, konseptual, dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata
B.     KOMPETENSI DASAR :
3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
C.    INDIKATOR
Kognitif:
1.      Memahami konsep perbandingan berbalik nilai.
2.      Menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai untuk menyelesaikan masalah nyata
Afektif :
11. Siswa dapat memerhatikan penjelasan Guru atau menyimak informasi yang disampaikan dengan sungguh-sungguh.
22. Siswa dapat menanggapi pernyataan atau menjawaab pertanyaan tertentu yang diajukan oleh guru atau temannya dengan bahasa yang santun.
33. Siswa dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompok dan membantu teman dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan rasa ikhlas.
44. Siswa dapat bekerjasama dengan teman kelompoknya untuk menyelesaikan tugas belajar yang diberikan oleh guru dalam megamati sebuah permasalahan perbandingan berbalik nilai.



D.    TUJUAN PEMBELAJARAN :
Kognitif :
Melalui pengamatan, tanya jawab, penugasan, diskusi kelompok,  siswa dapat: mengembangkan rasa ingin tahu dalam:
1.      Memahami konsep perbandingan berbalik nilai.
2.      Menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai untuk menyelesaikan masalah nyata.
Afektif :
11. Tanpa berbicara sendiri, siswa dapat memerhatikan penjelasan Guru atau menyimak informasi yang disampaikan dengan sungguh-sungguh.
22. Tanpa bantuan orang lain, siswa dapat menanggapi pernyataan atau menjawaab pertanyaan tertentu yang diajukan oleh guru atau temannya dengan bahasa yang santun.
33. Dengan penuh tanggung jawab, siswa dapat bertanggung jawab terhadap diri sendiri dan kelompok dan membantu teman dalam menyelesaikan tugas yang diberikan oleh guru dengan rasa ikhlas.
45. Tanpa bantuan guru, siswa dapat bekerjasama dengan teman kelompoknya untuk menyelesaikan tugas belajar yang diberikan oleh guru dalam megamati sebuah permasalahan perbandingan berbalik nilai.
E.     MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN :
1. Model Pembelajaran     : Kooperatif
2. Pendekatan                   : Scientefic
3. Metode                          : Ceramah, diskusi kelompok, tanya jawab, penugasan
F.     MATERI PEMBELAJARAN :
Perbandingan Berbalik Nilai
G.    LANGKAH-LANGKAH PEMBELAJARAN :
Pertemuan ke-1
1.      KEGIATAN AWAL ( 10 MENIT )
Fase 1 :
v  Memotivasi siswa :
1.      Guru memberikan motivasi kepada siswa dengan mengucapkan salam dan bertanya kabar siswa.
2.      Guru menjelaskan kepada siswa, bahwa pada pertemuan ini kita akan mempelajari materi perbandingan berbalik nilai.
v  Menyampaikan tujuan : Guru menyampaikan tujuan pembelajaran yang akan dicapai hari ini yaitu  siswa dapat memahami konsep mengenai perbandingan berbalik nilai dan dapat menggunakan konsep perbandingan berbalik nilai untuk menyelesaikan masalah nyata
v  Apersepsi : Guru memberikan apersepsi kepada siswa bahwa materi yang dipelajari ini sangat bermanfaat pada penggunaan dalam kehidupan sehari-hari misalnya untuk menentukan berapa banyak domba, jika rumput didalam kebun habis dalam waktu 6 hari, sedangkan jika ada 15 domba maka rumput dapat habis dalam waktu 8 hari.
v  Guru mengingatkan kembali kepada siswa tentang perbandingan senilai yaitu dengan menanyakan kepada siswa tentang perbandingan senilai dimana perbandingan senilai adalah perbandingan yang mempunyai nilai yang sama.
2.      KEGIATAN INTI ( 50 MENIT )
Fase 2 :
v  Guru menyajikan informasi tentang masalah yang berkaitan dengan perbandingan berbalik nilai.
·           Guru memberikan 3 masalah yang berkaitan dengan perbadingan berbalik nilai pada siswa yaitu dengan menampilkan masalah tersebut pada layar proyektor
·         Kemudian Guru menyuruh siswa untuk mendiskusikan permasalahan ini untuk dapat diselesaikan dengan kelompok masing-masing, yang terlebih dahulu pembentukan kelompok ditentukan oleh guru.
Fase 3 :
v  Guru mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok-kelompok belajar yaitu
·      Guru membagi siswa kedalam kelompok-kelompok kecil yang beranggotakan 4-5 orang secara heterogen yaitu dengan melihat tingkat kemampuan siswa maupun latar belakang budaya mereka.
·      Guru membagikan LKS, masing-masing satu LKS pada tiap-tiap kelompok.
·      Guru memberitau siswa, bahwa lama waktu mereka berdiskusi adalah 30 menit
·      Guru menjelaskan kepada siswa, bahwa sekarang tugas siswa adalah mendiskusikan permasalahan yang sudah diberikan guru tadi untuk dapat diselesaikan dengan kelompok masing-masing.
·      Guru juga menjelaskan kepada siswa bahwa hasil diskusinya dengan kelompok harus dipresentasikan di depan kelas.
·      Guru memberitau siswa bahwa lama waktu mereka untuk presentasi adalah 20 menit.
Fase 4 :
v  Guru membimbing kelompok bekerja dan belajar.,
·         Pada saat siswa bekerjasama dengan kelompoknya, guru membimbing siswa yang merasa kesulitan dalam menyelesaikan tugasnya dengan bertanya kepada siswa, “Anak-anak adakah kata-kata pada LKS yang tidak kalian pahami? Kalau tidak ada, silahkan diselesaikan dan diskusikan dengan teman kelompok kalian”.
·         Guru mengarahkan siswa untuk bisa saling bekerjasama dengan teman kelompoknya.
·         Setelah siswa bekerjasama dengan kelompok mereka, guru menyuruh siswa untuk mempresentasikan hasil dari diskusinya di depan kelas.
·         Setiap kelompok akan mempresentasikan hasil dari diskusi mereka dengan kelompoknya sedangkan kelompok yang lain menanggapi  hasil dari presentasi kelompok lain.
·         Guru mengingatkan siswa untuk dapat menggunakan bahasa yang santun.
3.      KEGIATAN AKHIR (  20 MENIT )
Fase 5 :
v  Evaluasi
·           Guru mengevaluasi hasil belajar siswa dengan melihat hasil yang sudah dipresentasikan siswa di depan kelas.
·           Guru memberikan penjelasan kepada siswa mengenai hasil dari diskusi mereka yaitu tentang masalah (1, 2, dan 3)  yang diberikan tadi. Bahwa dari masalah yang sudah diberikan tadi, dapat disimpulkan : Perbandingan berbalik nilai itu berkaitan dengan membandingkan dua buah keadaan dimana jika besaran yang satu bertambah maka besaran yang lain berkurang sebaliknya jika besaran yang satu berkurang maka besaran yang lain bertambah dimana perbandingan berbalik nilai adalah perbandingan yang mempunyai nilai saling berkebalikan.
·           Setelah guru memberikan sedikit waktu kepada siswanya untuk berfikir, Guru menyuruh siswa untuk menuliskan tentang perbandingan berbalik nilai pada buku mereka masing-masing.
Fase 6 :
v  Memberikan Penghargaan
·           Untuk memantapkan hasil pemahaman siswa terhadap diskusi mereka dengan kelompoknya tentang perbandingan berbalik nilai, guru memberikan kuis mengenai perbandingan berbalik nilai pada siswa untuk dikerjakan secara individu.
·           Hasil dari kuis setiap individu digunakan untuk menentukan nilai kelompok mereka masing-masing.
·           Dari hasil perolehan kelompok, guru dapat menentukan kelompok mana yang mendapatkan perolehan nilai terbanyak.
·           Guru memberikan penghargaan kepada kelompok yang mendapatkan hasil perolehan terbanyak yaitu dengan memberikan reward berupa pemberian pin bintang kelas.
v  Penutup
·         Sebelum pelajaran berakhir, guru memberikan PR pada siswa
·         Guru menutup pelajaran dengan mengucapkan salam.
H.    SUMBER BELAJAR :
1.      Matematika untuk SMP kelas VII oleh Sugijono,dkk. Penerbit : Erlangga
2.      Matematika BSE SMP kelas VII
3.      LKS Matematika.
I.       ALAT
1.      LCD
2.      Proyektor





J.      PENILAIAN
No
Aspek yang dinilai
Teknik Penilaian
1.
Sikap Spiritual
Sikap Sosial
Observasi
Observasi
2.
Pengetahuan
Tes tertulis






·         Lembar Pengamatan Spiritual  (Terlampir)
·         Lembar Pengamatan Sikap/ Afektif (Terlampir)

            Surabaya, 29 Oktober 2014
Guru Pamong                                                                          Guru PPL




(......................................................)                                       (DENOK JULIANINGSIH)

LEMBAR PENGAMATAN AFEKTIF
Mata Pelajaran          : Matematika
Kelas/Semester          : VII/1
Tahun Pelajaran       : 2013/2014
Waktu Pengamatan  : Rabu, 29 Oktober 2014 jam ke 3-4
Kompetensi Dasar    : 3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa  perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih
*        Sikap yang dikembangkan dalam proses pembelajaran adalah rasa ingin tahu dan tanggung jawab dalam kelompok.
Indikator perkembangan sikap INGIN TAHU
1.      Kurang jika sama sekali tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya dan acuh tak acuh (tidak mau tahu) selama proses pembelajaran
2.      Kurang baik jika tidak berusaha untuk mencoba atau bertanya atau acuh tak acuh (tidak mau tahu) dalam proses pembelajaran
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran tetapi masih belum ajeg/konsisten 
4.      Sangat baik jika menunjukkan adanya  usaha untuk mencoba atau bertanya dalam proses pembelajaran secara terus menerus dan ajeg/konsisten
Indikator perkembangan sikap TANGGUNG JAWAB (dalam kelompok)
1.      Kurang jika sama sekali tidak menunjukkan untuk ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
2.      Kurang baik jika menunjukkan sedikit  ambil bagian dalam melaksanakan tugas kelompok
3.      Baik jika menunjukkan sudah ada  usaha ambil bagian dalam melaksanakan tugas-tugas kelompok  tetapi belum ajeg/konsisten
4.      Sangat baik jika menunjukkan sudah ambil bagian  dalam menyelesaikan tugas kelompok  secara terus menerus dan ajeg/ konsisten

Rubrik Penilaian :
4 = sangat baik
3 = baik
2 = kurang baik
1 = kurang
TABEL PENGAMATAN AFEKTIF
Berikanlah skor  pada kolom-kolom sesuai hasil pengamatan.
NO
Nama
Rasa ingin tahu
Tanggun gjawab
Skor
SB
B
KB
K
SB
B
KB
K
1










2










3










4










5










           
Penilaian Sikap Spiritual
Aspek yang dinilai
1)   Berdoa sebelum dan sesudah melakukan sesuatu
2)   Mengucapkan rasa syukur atas karunia Tuhan
3)   Memberi salam sebelum dan sesudah menyampaikan pendapat/presentasi
4)   Mengungkapakan kekaguman secara lisan maupun tulisan terhadap Tuhan saat melihat kebesaran Tuhan
5)   Merasakan keberadaan dan kebesaran Tuhan saat mempelajari matematika
No
Nama Siswa
Aspek yang dinilai
Jumlah Skor
Nilai
1
2
3
4
5




























Rubrik:
4 = selalu, apabila selalu melakukan sesuai pernyataan
3 = sering, apabila sering melakukan sesuai pernyataan dan kadang-kadang tidak melakukan
2 = kadang-kadang, apabila kadang-kadang melakukan dan sering tidak melakukan
1 = tidak pernah, apabila tidak pernah melakukanh

Penilaian Pengetahuan (PR SISWA)
1)      Instrumen

Indikator Pencapaian Kompetensi
Instrument/soal
Kunci Jawaban
Skor
Menjelaskan konsep perbandingan berbalik nilai
1.      Buatlah sebuah contoh mengenai perbandingan berbalik nilai yang ada dalam kehidupan sehari-hari kamu!
2.      Jelaskan dengan bahasa kamu sendiri, mengenai perbandingan berbalik nilai

Disesuaikan jawaban siswa



Disesuaikan jawaban siswa
25




25

Menyelesaikan soal perbandingan berbalik nilai
3.      Untuk menempuh jarak dari kota A ke kota B dengan mengendarai mobil diperlukan waktu 5 jam dengan kecepatan rata-rata 72 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak itu, jika kecepatan rata-ratanya 80 km/jam?
Waktu                         Kecepatan
5 jam                              72 km/ jam
t jam                               80 km/ jam

5 x 72 = t x 80
360     = 80t
t          = 360 : 80
t          = 4,5 jam
jadi waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak kedua kota tersebut dengan kecepata rata-rata 80 km/ jam adalah 4,5 jam.
25
4.      Sekaleng permen dibagikan kepada 24 anak, masing-masing mendapat 8 permen. Jika permen itu dibagikan kepada 16 anak, berapa banyak permen yang didapat masing-masing anak?
Banyak anak       Banyak Permen                      
24                                   8
16                                   k

24 x 8 = 16 x k
192     = 16k
k         = 192 : 16
k         = 12
jadi masing-masing anak mendapat 12 permen
25
Mengidentifikasi kesulitan belajar siswa
5.      Dari permasalahan perbandingan berbalik nilai, bagian manakah yang menurut kamu sulit? Jelaskan!
Disesuaikan jawaban siswa
-

2)      Rubrik Penilaian dan Penskoran

No.
Kategori
Skor(Si)
1
Tidak memberikan jawaban sama sekali
0
2
Memberikan jawaban yang salah
2
3
Memberikan jawaban benar dan banyak cacat
10
4
Memberikan jawaban benar sedikit cacat
15
5
Memberikan jawaban hamper sempurna
20
6
Memberikan jawaban benar sempurna
25
                                                                  
KUNCI JAWABAN LKS
MASALAH SATU:
Pada sebuah kebun berukuran 3 x 3 terdapat domba-domba yang sedang makan rumput. Jika
6 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 20 hari, 8 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 15 hari, 10 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 12 hari, 12 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 10 hari, 15 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 8 hari. Maka ada berapa ekor domba, jika rumput habis dalam waktu 6 hari?
Petunjuk : Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, lihat tabel dibawah ini !


Banyak Ternak
Lama Waktu
Perbandingan Banyak Ternak
Perbandingan Lama Waktu
6 ekor
8 ekor
20 hari
 =  =
 =  =
15 hari
10 ekor
12 ekor
12 hari
 =  =
 =  =
10 hari
15 ekor
20 ekor
8 hari
 =  =
 =  =
6 hari

a.         Bagaimanakah nilai perbandingan  dan perbandingan  ?
Berbeda dan saling berbalik nilai
b.        Bagaimanakah nilai perbandingan  dan perbandingan  ?
Berbeda dan saling berbalik nilai
c.         Bagaimanakah nilai perbandingan  dan perbandingan  ?
Berbeda dan saling berbalik nilai
Catatan : Pasangan-pasangan perbandingan yang disebutkan diatas adalah pasangan Perbandingan Berbalik Nilai.
Jadi, menurut kalian apa yang dimaksud dengan dua perbandingan berbalik nilai?
Perbandingan yang mempunyai nilai saling berkebalikan.


MASALAH DUA
a.              Buatlah minimal 3 contoh perbandingan yang berbalik nilai dengan perbandingan  !
 ;  ;
b.             Buatlah minimal 3 contoh perbandingan yang bukan berbalik nilai dengan perbandingan  !
 ;  ;
c.              Berikan beberapa contoh perbandingan yang tidak senilai dengan   dan juga tidak bernilai dengan  !
 ;  ;  ; dll
Jika perbandingan  berbanding nilai dengan  maka dapat disimpulkan
a x c = b x d
b x d = a x c
MASALAH TIGA
Sekaleng permen dibagikan kepada 24 anak, masing-masing mendapat 8 permen. Jika permen itu dibagikan kepada 16 anak, berapa banyak permen yang didapat masing-masing anak?
Penyelesaian :
Banyak anak                      Banyak Permen                      
        24                                             8
        16                                             k

24 x 8 = 16 x k
192     = 16k
  k       = 192 : 16
  k       = 12
Jadi masing-masing anak mendapat 12 permen.




NAMA         : ……………..............         
No. Absen    : ...............................
Sekolah        : ...............................
Kompetensi Dasar
3.4 Memahami konsep perbandingan dan menggunakan bahasa perbandingan dalam mendeskripsikan hubungan dua besaran atau lebih






LKS
(LEMBAR KERJA SISWA)



MASALAH SATU:
Pada sebuah kebun berukuran 3 x 3 terdapat domba-domba yang sedang makan rumput. Jika
6 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 20 hari, 8 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 15 hari, 10 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 12 hari, 12 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 10 hari, 15 ekor domba dapat menghabiskan rumput dalam waktu 8 hari. Maka ada berapa ekor domba, jika rumput habis dalam waktu 6 hari?
Petunjuk : Untuk menyelesaikan permasalahan diatas, lihat tabel dibawah ini !






Banyak Ternak
Lama Waktu
Perbandingan Banyak Ternak
Perbandingan Lama Waktu
6 ekor
8 ekor
20 hari
 =  =
 =  =
15 hari
10 ekor
12 ekor
12 hari
 =  =
 =  =
10 hari
15 ekor
.... ekor
8 hari
 =  =
 =  =
6 hari

d.        Bagaimanakah nilai perbandingan  dan perbandingan  ?
..............................................................................................
e.         Bagaimanakah nilai perbandingan  dan perbandingan  ?
..............................................................................................
f.         Bagaimanakah nilai perbandingan  dan perbandingan  ?
..............................................................................................
Catatan : Pasangan-pasangan perbandingan yang disebutkan diatas adalah pasangan Perbandingan Berbalik Nilai.
Jadi, menurut kalian apa yang dimaksud dengan dua perbandingan berbalik nilai?
......................................................................................................................................................


MASALAH DUA
d.             Buatlah minimal 3 contoh perbandingan yang berbalik nilai dengan perbandingan  !
.............................................................................................................................................
e.              Buatlah minimal 3 contoh perbandingan yang bukan berbalik nilai dengan perbandingan  !
.............................................................................................................................................
f.              Berikan beberapa contoh perbandingan yang tidak senilai dengan   dan juga tidak bernilai dengan  !
.............................................................................................................................................

Jika perbandingan  berbanding nilai dengan  maka dapat disimpulkan
a x c = ... x ....
b x d = ... x ...
MASALAH TIGA
Sekaleng permen dibagikan kepada 24 anak, masing-masing mendapat 8 permen. Jika permen itu dibagikan kepada 16 anak, berapa banyak permen yang didapat masing-masing anak?

PR SISWA

Kerjakan soal-soal dibawah ini dengan tepat !
1.        Buatlah sebuah contoh mengenai perbandingan berbalik nilai yang ada dalam kehidupan sehari-hari kamu!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
2.        Jelaskan dengan bahasa kamu sendiri, mengenai perbandingan berbalik nilai!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
3.      Untuk menempuh jarak dari kota A ke kota B dengan mengendarai mobil diperlukan waktu 5 jam dengan kecepatan rata-rata 72 km/jam. Berapakah waktu yang diperlukan untuk menempuh jarak itu, jika kecepatan rata-ratanya 80 km/jam?
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
4.      Sekaleng permen dibagikan kepada 24 anak, masing-masing mendapat 8 permen. Jika permen itu dibagikan kepada 16 anak, berapa banyak permen yang didapat masing-masing anak?
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................
5.   Dari permasalahan perbandingan berbalik nilai, bagian manakah yang menurut kamu sulit? Jelaskan!
...............................................................................................................................................
...............................................................................................................................................

Komentar

Posting Komentar

Trimaksih atas komentar yang anda berikan semoga dapat memperbaiki postingan kami selanjutnya

Postingan populer dari blog ini

Soal Olimpiade Matematika (IMO) Aljabar

Format KKM Kelas VI