Format KKM Kelas VI
NO
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
|||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
1.1
|
Menggunakan
sifat-sifat operasi hitung termasuk operasi campuran, FPB dan KPK
|
|||||
1.2
|
Menentukan akar pangkat tiga suatu bilangan kubik
|
|||||
1.3
|
Menyelesaikan masalah yang melibatkan operasi hitung termasuk
penggunaan akar dan pangkat
|
|||||
2.1
|
Mengenal satuan
debit
|
|||||
2.2
|
Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan satuan debit
|
|||||
3.1
|
Menghitung luas segi banyak yang merupakan gabungan dari dua
bangun datar sederhana
|
|||||
3.2
|
Menghitung luas
lingkaran
|
|||||
3.3
|
Menghitung
volume prisma segitiga dan tabung lingkaran
|
|||||
4.1
|
Mengumpulkan
dan membaca data
|
|||||
4.2
|
Mengolah dan menyajikan data dalam bentuk tabel
|
|||||
4.3
|
Menafsirkan
sajian data
|
|||||
5.1
|
Menyederhanakan
dan mengurutkan pecahan
|
|||||
5.2
|
Mengubah
bentuk pecahan ke bentuk desimal
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
5.3
|
Menentukan nilai pecahan dari suatu bilangan atau kuantitas tertentu
|
|||||
5.4
|
Melakukan operasi hitung yang melibatkan
berbagai bentuk pecahan
|
|||||
5.5
|
Memecahkan
masalah perbandingan dan skala
|
|||||
6.1
|
Membuat denah
letak benda
|
|||||
6.2
|
Mengenal
koordinat posisi sebuah benda
|
|||||
6.3
|
Menentukan posisi titik dalam sistem
koordinat Kartesius
|
|||||
7.1
|
Menyajikan data ke bentuk tabel dan diagram gambar, batang dan
lingkaran
|
|||||
7.2
|
Menentukan rata-rata hitung dan modus sekumpulan data
|
|||||
7.3
|
Mengurutkan data termasuk menentukan
nilai tertinggi dan terendah
|
|||||
7.4
|
Menafsirkan
hasil pengolahan data
|
KKM
MATEMATIKA : ........
NO
|
<!--[endif]-->KOMPETENSI DASAR
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
1.1
|
Mendeskripsikan hubungan antara ciri-ciri khusus yang dimiliki hewan
(kelelawar, cicak, bebek) dan
lingkungan hidupnya
|
|||||
1.2
|
Mendeskripsikan
hubungan antara ciri-ciri
khusus yang dimiliki tumbuhan (kaktus,
tumbuhan pemakan serangga) dengan lingkungan hidupnya
|
|||||
2.1
|
Mendeskripsikan perkembangan dan
pertumbuhan manusia dari bayi sampai lanjut usia
|
|||||
2.2
|
Mendeskripsikan ciri-ciri perkembangan fisik anak laki-laki dan perempuan
|
|||||
2.3
|
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan tumbuhan dan hewan
|
|||||
2.4
|
Mengidentifikasi cara perkembangbiakan manusia
|
|||||
3.1
|
Mengidentifikasi kegiatan manusia yang dapat mempengaruhi keseimbangan
alam (ekosistem)
|
|||||
3.2
|
Mengidentifikasi bagian tumbuhan yang sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
|||||
3.3
|
Mengidentifikasi bagian tubuh hewan yang sering
dimanfaatkan manusia yang mengarah pada ketidakseimbangan lingkungan
|
|||||
4.1
|
Mengidentifikasi jenis hewan dan tumbuhan yang mendekati kepunahan
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
4.2
|
Mendeskripsikan pentingnya pelestarian jenis makhluk hidup untuk perkembangan Ilmu Pengetahuan
Alam dan kehidupan masyarakat
|
|||||
5.1
|
Membandingkan
sifat kemampuan menghantarkan panas
dari berbagai benda
|
|||||
5.2
|
Menjelaskan
alasan pemilihan benda dalam kehidupan sehari-hari berdasarkan kemampuan
menghantarkan panas
|
|||||
6.1
|
Menjelaskan faktor-faktor penyebab perubahan benda
(pelapukan, perkaratan, pembusukan) melalui pengamatan
|
|||||
6.2
|
Mengidentifikasi
faktor-faktor yang menentukan pemilihan benda/bahan untuk tujuan tertentu
(karet, logam, kayu, plastik) dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
7.1
|
Melakukan percobaan untuk menyelidiki hubungan
antara gaya dan gerak (model jungkat jungkit, katapel/model traktor sederhana
energi pegas)
|
|||||
7.2
|
Menyajikan informasi tentang perpindahan dan
perubahan energi listrik
|
|||||
8.1
|
Mengidentifikasi
kegunaan energi listrik dan berpartisipasi dalam penghematannya dalam
kehidupan sehari-hari
|
|||||
8.2
|
Membuat suatu
karya/model yang menggunakan energi listrik (bel listrik/alarm/model lampu
lalu lintas/ kapal terbang/mobil-mobilan/model penerangan rumah)
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
9.1
|
Mendeskripsikan sistem tata surya dan posisi penyusun tata
surya
|
|||||
9.2
|
Mendeskripsikan peristiwa
rotasi bumi, revolusi bumi dan revolusi bulan
|
|||||
9.3
|
Menjelaskan terjadinya gerhana
bulan dan gerhana matahari
|
|||||
9.4
|
Menjelaskan perhitungan kalender Masehi dan kalender
Hijriah
|
KKM IPA :
NO
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
|||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
1.1
|
Mendeskripsikan
nilai-nilai juang dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
|||||
1.2
|
Menceritakan secara singkat nilai kebersamaan
dalam proses perumusan Pancasila sebagai Dasar Negara
|
|||||
1.3
|
Meneladani
nilai-nilai juang para tokoh yang berperan dalam proses perumusan Pancasila
sebagai Dasar Negara dalam kehidupan sehari-hari
|
|||||
2.1
|
Menjelaskan
proses Pemilu dan Pilkada
|
|||||
2.2
|
Mendeskripsikan lembaga-lembaga negara sesuai UUD
1945 hasil amandemen
|
|||||
2.3
|
Mendeskripsikan tugas dan fungsi pemerintahan
pusat dan daerah
|
|||||
3.1
|
Menjelaskan pengertian kerjasama negara-negara
Asia Tenggara
|
|||||
3.2
|
Memberikan contoh peran Indonesia dalam
lingkungan negara-negara di Asia Tenggara
|
|||||
4.1
|
Menjelaskan politik luar negeri Indonesia yang
bebas dan aktif
|
|||||
4.2
|
Memberikan contoh peranan politik luar negeri
Indonesia dalam percaturan internasional
|
KKM PKN :
NO
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
|||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
1.1
|
Mendeskripsikan perkembangan sistem administrasi wilayah
|
|||||
1.2
|
Membandingkan kenampakan alam dan keadaan sosial
negara-negara tetangga
|
|||||
1.3
|
Mengidentifikasi benua-benua
|
|||||
2.1
|
Mendeskripsikan
gejala (peristiwa) alam yang terjadi di Indonesia dan negara tetangga
|
|||||
2.2
|
Mengenal cara-cara menghadapi
bencana alam
|
|||||
3.1
|
Menjelaskan peranan
|
|||||
3.2
|
Mengenal manfaat ekspor dan impor di
|
KKM IPS :
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
1.1
|
Menulis hal-hal penting/pokok dari suatu teks yang
dibacakan
|
|||||
1.2
|
Mengidentifikasi tokoh, watak , latar, tema atau
amanat dari cerita anak yang dibacakan
|
|||||
2.1
|
Menyampaikan pesan/informasi yang diperoleh dari
berbagai media dengan bahasa yang
runtut, baik dan benar
|
|||||
2.2
|
Menanggapi (mengkritik/memuji) sesuatu hal disertai alasan dengan
menggunakan bahasa yang santun
|
|||||
3.1
|
Mendeskripsikan
isi dan teknik penyajian suatu laporan hasil pengamatan/kunjungan
|
|||||
3.2
|
Menanggapi informasi
dari kolom/rubrik khusus (majalah
anak, koran, dll.)
|
|||||
4.1
|
Mengisi formulir (pendaftaran, kartu anggota, wesel
pos, kartu pos, daftar riwayat hidup,
dll.) dengan benar
|
|||||
4.2
|
Membuat ringkasan dari teks yang dibaca atau yang
didengar
|
|||||
4.3
|
Menyusun percakapan tentang berbagai topik dengan
memperhatikan penggunaan ejaan
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
4.4
|
Mengubah
puisi ke dalam bentuk prosa dengan tetap memperhatikan makna puisi
|
|||||
5.1
|
Menyimpulkan isi berita yang didengar dari televisi atau
radio
|
|||||
5.2
|
Menceritakan
isi drama pendek yang disampaikan
secara lisan
|
|||||
6.1
|
Berpidato atau presentasi untuk berbagai keperluan
(acara perpisahan, perayaan ulang tahun, dll.) dengan lafal, intonasi, dan sikap yang tepat
|
|||||
6.2
|
Melaporkan
isi buku yang dibaca (judul, pengarang, jumlah
halaman, dan isi) dengan kalimat yang runtut
|
|||||
6.3
|
Membacakan
puisi karya sendiri dengan ekspresi yang tepat
|
|||||
7.1
|
Menemukan
makna tersirat suatu teks melalui membaca intensif
|
|||||
7.2
|
Mengidentifikasi
berbagai unsur (tokoh, sifat, latar,
tema, jalan cerita, dan amanat) dari teks
drama anak
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
8.1
|
Menyusun
naskah pidato/sambutan (perpisahan, ulang tahun, perayaan sekolah, dll.) dengan bahasa yang baik dan benar, serta
memperhatikan penggunaan ejaan
|
|||||
8.2
|
Menulis
surat resmi dengan memperhatikan pilihan kata sesuai dengan orang yang dituju
|
KKM BAHASA
INDONESIA :
NO
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
|||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
1.1
|
Membaca QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
|
|||||
1.2
|
Mengartikan QS Al-Qadr dan QS Al-‘Alaq ayat 1-5
|
|||||
2.1
|
Menyebutkan nama-nama Hari Akhir
|
|||||
2.2
|
Menjelaskan tanda-tanda Hari Akhir
|
|||||
3.1
|
Menceritakan perilaku Abu Lahab dan Abu Jahal
|
|||||
3.2
|
Menceritakan perilaku Musailamah Al Kadzab
|
|||||
4.1
|
Menghindari perilaku dengki seperti Abu Lahab dan Abu Jahal
|
|||||
4.2
|
Menghindari perilaku bohong seperti Musailamah Al Kadzab
|
|||||
5.1
|
Melaksanakan tarawih di bulan Ramadhan
|
|||||
5.2
|
Melaksanakan tadarrus Al-Qur’an
|
NO
|
KOMPETENSI DASAR
|
KOMPONEN
|
PERSEN
|
JUMLAH
|
||
KOMPLEKSITAS
|
INTEKSITAS
|
DAYA DUKUNG
|
||||
6.1
|
Membaca QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
|
|||||
6.2
|
Mengartikan QS Al-Maidah ayat 3 dan Al-Hujurat ayat 13
|
|||||
7.1
|
Menunjukkan contoh-contoh Qadha dan Qadar
|
|||||
7.2
|
Menunjukkan keyakinan terhadap Qadha dan Qadar
|
|||||
8.1
|
Menceritakan perjuangan kaum Muhajirin
|
|||||
8.2
|
Menceritakan perjuangan kaum Anshar
|
|||||
9.1
|
Meneladani perilaku kegigihan perjuangan kaum Muhajirin
dalam kehidupan sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
|||||
9.2
|
Meneladani perilaku tolong-menolong kaum Anshar dalam kehidupan
sehari-hari di lingkungan peserta didik
|
|||||
10.1
|
Menyebutkan macam-macam zakat
|
|||||
10.2
|
Menyebutkan ketentuan zakat fitrah
|
KKM AGAMA
ISLAM :
KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL (KKM) PER MATAPELAJARAN
<!--[if !supportLists]-->1. <!--[endif]-->Matematika :
<!--[if !supportLists]-->2. <!--[endif]-->Bahasa Indonesia :
<!--[if !supportLists]-->3. <!--[endif]-->IPA :
<!--[if !supportLists]-->4. <!--[endif]-->IPS :
<!--[if !supportLists]-->5. <!--[endif]-->PKN :
<!--[if !supportLists]-->6. <!--[endif]-->Agama Islam :
DENOK JULIANINGSIH,S.Pd.
Komentar
Posting Komentar
Trimaksih atas komentar yang anda berikan semoga dapat memperbaiki postingan kami selanjutnya